Timnas Iran Jadi Wakil Asia Pertama Yang Masuk Piala Dunia 2018

Timnas Iran terpilih sebagai timnas yang kedua, dan yang pertama kali di Asia, yang akan melaju ke Piala Dunia 2018 mendatang. Negara ini berhasil setelah menang atas timnas Uzbekistan.

Melaksanakan laga babak kualifikasi di Piala Dunia 2018 yang dihelat di Azadi Stadium, pada Senin (12/6/2017) malam kemarin, timnas Iran memperoleh skor akhir 2-0. Gol keberhasilan dari negara ini diperoleh dari Sardar Azmoun dan Mehdi Taremi.

Keberhasilan ini juga membawa timnas ini memperoleh 20 poin dari enam laga yang mereka laksanakan, mereka akan melaju ke finis di peringkat yang pertama dan kedua Grup A Kualifikasi Ketiga kompetisi ini, walau masih menyisakan dua laga lagi.

Untuk babak kualifikasi yang ketiga ini, dua tim di tempat teratas akan langsung lolos. Di sisi lain, peringkat ketiga terbaik akan masuk ke babak playoff.

Ini menjadi yang kedua kalinya secara berturut-turut Iran emlaju ke babak final Piala Dunia, setelah dalam kompetisi yang dilaksanakan di Brasil 2016 yang lalu, mereka juga merupakan salah satu peserta. Selama keikutsertaannya, ini menjadi yang kelima kalinya timnas ini masuk ke babak final.

Berhasil masuk ke babak selanjutnya di Piala Dunia 2018 masih tak lepas dari dukungan Carlos Queiroz. Mantan asisten pelatih dari Manchester United dan pelatih Timnas Portugal tersebut mulai menajdi pelatih Iran semenjak tahun 2011 silam.

Timnas Iran merupakan timnas yang kedua yang melaju ke babak putaran final Piala Dunia 2018, dengan timnas Brasil yang sudah lebih dulu memastikan posisinya dalam kompetisi sepakbola dunia ini.