Ronaldo Samai Prestasi Gerd Mueller

Cristiano Ronaldo sudah berhasil mencetak 68 gol untuk tim nasional Portugal, yang membuatnya prestasinya menyamai legenda timnas Jerman, Gerd Mueller, untuk urusan torehan gol di tim nasional.

Dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup B zona Eropa yang diselenggarakan di Estadio Algarve, Senin, 14 November 2016 dinihari WIB, Ronaldo bermain sejak menit pertama saat berhadapan dengan timnas Latvia.

Seperti yang biasa terjadi sebelumnya, Ronaldo tampil cemerlang dalam kemenangan timnya dengan skor cukup telak, 4 – 1 melalui torehan dua golnya, masing-masing tercpta dari eksekusi penalti pada menit ke-28 kemudian sundulan di menit ke-85.

Ronaldo sebenarnya bisa hat-trick di laga ini jika penaltinya di menit ke-58 tidak membentur tiang gawang. Hal itu menambah panjang rekor buruk Ronaldo dalam hal eksekusi 12 pas karena dalam catatan Opta, dia gagal empat kali dari enam penalti terakhirnya di waktu normal (dua ditepis, dua membentur tiang).

Walaupun demikian, Ronaldo tetap menambah pundi-pundi golnya untuk Seleccao das Quinas menjadi 68 gol dari 136 penampilan. Dia menjadi pemain yang paling dengan jumlah gol terbanyak di level timnas.

Ronaldo, yang mencetak tujuh gol dari tiga penampilan terakhir bersama Portugal, kini sudah berhasil menyamai pemain legenda Jerman Barat, Gerd Mueller dan mantan penyerang tim nasional Republik Irlandia Robbie Keane yang mebukukan 68 gol.

Ketiga orang tersebut kini ada di urutan keempat daftar top skorer untuk tim nasional zona Eropa. Berada di bawah dua legenda Hongaria, Ferenc Puskas (84 gol) dan Sandor Kocsis (75) gol serta mantan pemain timnas Jerman, Miroslav Klose (71 gol).