Para Pemain Roma Terbebas Dari Tekanan

AS Roma vs Frosinone

Ketika AS Roma berhasil mengalahkan Frosinone, Luciano Spalletti mengaku cukup puas dengan penampilan tim asuhannya itu. Disisi lain, dia melihat ada rasa lega dari diri para skuad nya.

Laga yang dilaksanakan di Olimpico, Minggu (31/1/2016) dinihari WIB, membawa kemenangan bagi Roma 3-1 atas Frosinone. Tiga gol dari Roma diciptakan oleh Radja Nainggolan, Stephan El Shaarawy, dan Miralem Pjanic, sedangkan gol balasan tim tamu diciptakan oleh Daniel Ciofani.

Walaupun berhasil, Roma sepertinya cukup kerepotan selama pertandingan sebab pressing yang dilakukan para pemain Frosinone. Hal ini diakui Spalletti bahwa anak asuhnya perlu lebih baik dalam melepaskan diri dari tekanan, yang terutama mengenai ketenangan dan kecepatan mengalirkan bola.

Dikatakan Spalletti bahwa Frosinone melakukan hal yang kebanyakan orang lakukan saat ini, tim lawan melihat Roma kesulitan dan menekan sampai mereka menjadi cemas dan tertahan. Saat tim lawan bermain agresif dan menekan Roma, mereka harus memainkan bola dengan cepat dan membuat lawan lengah, serta mereka harus menghentikan kebobolan dari bola-bola panjang ke depan.

Menurut sang pelatih, mereka telah melakukan uji coba beberapa pergerakan di sesi latihan. Kemudian ketika situasi laga mereka tidak sanggup melakukan hal-hal yang harusnya sanggup mereka lakukan.

Diluar dari itu, Spalletti melihat banyak hal positif. Tidak hanya tiga gol dari open play, tapi terdapat sejumlah peluang mencetak gol lainnya walau kurang dimaksimalkan dengan baik.

Yang lebih diperhatikannya ialah bagaimana hasil ini terlihat membuat para pemain lega dan terbebas dari tekanan. Hal ini terlihat dari kejadian setelah laga selesai, dimana para pemain saling berpelukan satu sama lain.

Seperti yang diketahui, belakangan ini Roma memang dalam situasi tertekan. Sebelum berhasil mengalahkan Frosinone, mereka hanya menang satu kali dalam 12 laga. Hasil inilah yang membuat mereka mulai tercecer dalam persaingan gelar juara dan menganti pelatih dari Rudi Garcia ke Spalletti.