MU Akan Kehilangan Banyak Uang Jika Gagal Lagi Menembus Liga Champions

Manchester United berpeluang kehilangan uang yang cukup besar dari sponsor apparel mreka, Adidas. Itu terjadi jika The Red Devils tidak mampu mendapatkan tiket bermain di Liga Champions musim depan.

Manchester United dan Adidas sepakat menjalin kerja sama pada musim 2015-2016 untuk jangka waktu selama 10 tahun. Nilai kontrak Adidas dengan MU cukup luar biasa, mencapai 750 juta pounsterling atau sebanding dengan Rp 12,47 triliun.

Nominal tersebut bisa diterima secara utuh oleh United jika mereka bisa mencapai target yang diberikan oleh Adidas. Salah satunya adalah dana sponsor bisa dipotong apabila MU tidak mampu menembus Liga Champions dalam dua musim berturut-turut.

Dengan kesepakatan tersebut maka MU bisa saja tidak memperoleh sebagian sponsor dari Adidas jika mereka tidak mendapat tiket ke Liga Champions musim depan. Pasalnya, tahun depan bisa menjadi musim kedua The Red Devils tidak bermain di Liga Champions. Musim ini, MU sudah absen dari kompetisi tertinggi antar klub-klub Eropa.

Baca Juga:  Loris Karius Jadi Kiper Nomor Satu Untuk Liverpool Kini

Hingga Prmeier League musim ini memasuki ke-11, MU masih kesulitan bersaing di peringkat empat besar. Kini mereka ada di peringkat keenam dengan perolehan 18 alias tertinggal enam poin dari Arsenal yang menghuni peringkat keempat.

Direkrut keuangan Manchester United, Cliff Baty menyebut jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka kemungkinan untuk kehilangan nominal sponsor dari Adidas cukup besar. Bahkan akan mencapai 30 persen dari nilai sponsor dalam satu musim.

“Ada sebuah klausul tertentu dalam kontrak Adidas yang berlaku jika kami tidak bisa lolos Liga Champions dalam dua musim berturut-turut. Jadi seperti ini, jika kami menerima 70 juta poundsterling dalam satu musim, makan yang tidak kami dapatkan adalah sebesar 21 juta poundsterling,” kata Baty seperti dikutip BBC.