Mengapa Klopp Bersikeras Membeli Matip?

Saat Juergen Klopp bersikeras membeli Joel Matip, banyak pertanyaan bermunculan. Pelatih Liverpool ini menilai Matip merupakan sosok yang dibutuhkan lini belakang timnya.

Usai kontrak Matip selesai bersama Schalke akhir musim ini, Matip akan bergabung dengan Liverpool melalui transfer cuma-cuma. Ada kabar yang mengatakan Matip akan dikontrak selama 4,5 tahun.

Bergabungnya Matip bersama Liverpool menjadi pertanyaan dikarenakan kualitasnya yang belum teruji di Premier League. Akan tetapi Klopp memberi keyakinannya bahwa Matip merupakan pilihan yang tepat bagi Liverpool.

Klopp mengungkapkan rasa gembiranya. Menurutnya semua orang yang mengetahui kualitas Matip akan langsung tertarik. Mungkin dia bukan pemain yang terkenal di Inggris, namun umurnya baru memasuki 24 tahun dan telah bermain sekitar 200 pertandingan Bundesliga bersama Schalke.

Dilanjutkan Klopp bahwa Matip merupakan bek tengah papan atas, masih muda namun memiliki pengalaman cukup banyak. Baginya tidak perlu banyak berpikir untuk mendatangkan pemain ini. Diakuinya saat dirinya sedang istirahat dan memikirkan mengenai klub selanjutnya, dirinya harus memikirkan mengenai Joel, bila memang dibutuhkan.

Baca Juga:  Tolak Madrid, Hazard Pastikan Bertahan

Dengan bergabungnya Matip akan menambah sesak lini belakang Liverpool yang sebelumnya telah terdapat lima bek tengah. Walau begitu, Matip dikatakan akan menjadi jawaban atas masalah di lini belakang The Gunners, terutama dalam antisipasi bola mati.

Menurut sumber, Matip menciptakan 16 dari 17 golnya di Bundesliga dalam situasi itu. Tak hanya itu, dengan tingginya yang menjulang, Matip akan dipakai untuk menghadapi duel bola-bola atas.

Bagi Klopp, Matip seorang bek tengah sungguhan. Secara fisik dia kuat, sangat tinggi bahkan melebihi Klopp dan sangat jarang bagi Klopp untuk melihat ke atas.

Klopp sadar bahwa orang-orang mengatakan pertahanan mereka tidak bagus. Yang pertama yang harus mereka lakukan ialah bertahan sebagai tim. Ini bukan jalan keluar, ini merupakan transfer yang memiliki prospek bagus kedepannya, proyek jangka panjang. Namun Matip bisa menjadi solusi cepat dan ini sangat bagus bagi timnya.