Kejutan Baru La Liga: Leganes!

Pada kota yang warganya dipastikan hampir semua mendukung Atletico atau Real Madrid, Leganes layak merasa banga atas start mereka di La Liga. Dua pertandingan di awal musim, mereka belum pernah menyentuk kekalahan dan sama sekali belum kebobolan.

Dalam laga yang diselenggarakan pada Minggu, 28 Agustus 2016 dinihari WIB di Butarque, hadir laga derby yang tidak pernah sebelumnya diselenggarakan di stadion tersebut. Pada pekan kedua La Liga Primera, Leganes menjamu tim kuat Atletico Madrid.

Seluruh statistik setelah laga tersebut berakhir menunjukkan keunggulan tim tamu. Los Rojiblancos lebih banyak mengusai bola dengan persentase sebesar 63 persen. Namun hingga pertandingan berakhir, skor tetap masih sama kuat 0 – 0.

Walaupun tidak ada gol yang tercipta. Tapi Leganes layak mengklaim sebagai ‘pemenang’ dalam pertandingan itu atas suksesnya mengecewakan Atletico.

Leganes memang pantas bangga dengan apa yang sudah mereka catatkan dari laga tersebut. Hasil imbang 0-0 tersebut meneruskan start oke klub yang bermarkas 11 km di sisi selatan Kota Madrid.

Di pekan perdana, yang sekaligus menjadi pertandingan pertama sepanjang sejarah Leganes di La Liga, kemenangan berhasil didapat atas Celta Vigo. Padahal ketika itu Leganes berstatus sebagai tim tamu. Gol sumbangan dari Víctor Díaz di menit 75 memberi poin pertama sekaligus kemenangan perdana klub tersebut di La Liga.

Leganes merupakan satu dari klub yang yang berhak promosi ke La Liga Primera musim ini. Satu hal yang membuat cerita mereka lebih menarik dibanding Alaves dan Osasuna adalah fakta bahwa Leganes belum pernah naik kelas di level teratas sepakbola Spanyol.