Kegembiraan Mourinho Atas Kemenangan Portugal

Secara pasti jika orang Portugal tentu saja ikut gembira melihat timnas-nya berhasil mengangkat trofi Piala Eropa 2016. Hal tersebut juga terjadi dengan pelatih Manchester United, Jose Mourinho.

Portugal berhasil menjadi sang juara Piala Eropa 2016 usai menundukkan tuan rumah Prancis dengan skor 1-0 dalam final yang digelar di Stadion Stade de France, Senin (11/7/2016) dini hari WIB. Gol tunggal Portugal pada pertandingan itu terciptai melalui tendangan Eder di paruh penambahan waktu.

Sebelum Piala Eropa 2016 dimulai, Mourinho merupakan orang yang berani mengatakan terkait turnamen itu bahwa Portugal adalah sang juaranya. Meski, jika berkaca melihat performa Portugal di sesi grup Euro 2016 –di mana mereka cuma memperoleh tiga hasil seri dan berhasil lolos via peringkat ketiga terbaik–, Portugal tampil tak begitu meyakinkan untuk menjadi tim yang akan mengangkat trofi kompetisi ini.

Manajer Portugal, Fernando Santos, kala itu dirinya merasa tersanjung mendengar ungkapan Mourinho. “Sama dengan saya, Jose merupakan manajer yang sangat ambisius. Dia sadar akan nilai sebenarnya dan potensi di dalam tim Portugal,” ucap Santos.

“Saya gembira mendengar ungkapanya. Namun, tak mengherankan mendengar kata-kata seperti itu dari dirinya, lantaran dia merupakan sosok pemenang,” lanjut Santos lagi.

Pada senin dini hari tadi, apa yang dikatakan Mourinho memang berbuah jadi kenyataan. The Special One pastinya gembira. Melalui salah satu akun social medianya, ia mengupload foto dirinya dengan memegang syal bertuliskan Portugal.

“Kalau Anda mau berkunjung ke salah satu negara yang sempat menjuarai Piala Eropa, datanglah ke Portugal!” tulis Mourinho di dalam keterangan foto tersebut.

Portugal merupakan negara ke-10 yang menjadi juara di turnamen Piala Eropa. Bagi Seleccao das Quinas sendiri, hal tersebut merupakan yang pertama kalinya untuk tim itu menjadi juara Piala Eropa dari dua kali peluang bermain di final.