Kegagalan Ronaldo di Tendangan Bebas

Meskipun dijadikan andalan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, sebaiknya tidak di pakai untuk menjadi eksekutor free kick. Dikarenakan Ronaldo justru mempunyai statistik buruk saat jadi eksekutor. Tak dipungkiri juga bahwa Ronaldo adalah andalan Portugal di setiap turnamen besar sejak perdananya di Piala Eropa 2004.

Hingga saat ini Ronaldo juga berstatus top skorer sepanjang masa Seleccao Das Quinas berdasarkan 58 gol dari 127 caps yang di raihnya.

Tapi, di sisi lain Ronaldo juga manusia biasa yang terkadang bisa tampil di bawah standar permainan terbaiknya. Dan semua itu terjadi saat Portugal dinyamai Islandia 1-1 di laga pembuka Grup F Piala Eropa 2016.

Ronaldo yang mencoba 10 kali percobaan sepanjang 90 menit dan hanya mampu sekali mengarahkannya on target. Sisanya enam diblok lawan dan tiga tak mengarah ke gawang.

Di menit-menit akhir Ronaldo sebetulnya punya peluang mencetak gol lewat tendangan bebas. Tepat berada di depan kotak penalti, tendangan Ronaldo justru mengenai pagar betis.

Sementara itu, peluang pertama Ronaldo melalui bola mati juga tak mampu melewati pagar betis lawan. Dua kali tendangan bebas yang gagal tentu bukan catatan bagus bagi eksekutor bola mati seperti Ronaldo.

Diluar itu, berkaca melihat sejarah Ronaldo dalam mengeksekusi tendangan bebas ada baiknya manejer Portugal, Fernando Santos, segera mencari eksekutor baru daripada Ronaldo.

Dikarenakan, Ronaldo telah mengeksekusi 34 tembakan bebas langsung di kompetisi besar, 18 di Piala Dunia dan 16 di Piala Eropa, sayangnya tak satupun yang bisa menciptakan gol. Padahal Ronaldo sudah ada ciri khasnya sendiri dalam hal mengambil tendangan bebas.

Dari 28 pertandingan, hanya ada delapan yang on target serta 13 diblok dan 13 lain tak tepat sasaran. Sedangkan Ronaldo adalah pemain Eropa beserta jumlah tendangan bebas terbanyak di kompetisi besar sejak 1978.