Hodgson Yakin Dengan Formasi Barunya

Inggris hadir dengan formasi pemain yang berbeda dari biasanya kala berhasil diimbangi Slovakia. Walau Inggris tidak berhasil menang, manajer Roy Hodgson percaya tak ada yang salah dengan formasi pemain yang dia pakai.

Bermain berhadapan Slovakia di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Selasa (21/6/2016) dinihari WIB, Inggris melakukan beberapa perubahan formasi pemain. Kyle Walker, Danny Rose, Wayne Rooney, Dele Alli, Raheem Sterling, dan Harry Kane memulai pertandingan dari kursi cadangan.

Mereka berenam sebelumnya selalu jadi starter pada laga kontra Rusia dan Wales. Hodgson mengasihkan kesempatan terhadap Nathaniel Clyne, Ryan Bertrand, Jack Wilshere, Jordan Henderson, Daniel Sturridge, dan Jamie Vardy untuk bermain sebagai starter.

Inggris masih tampil dominan walaupun menggunakan formasi pemain yang berbeda. The Three Lions melakukan 28 attempt dan hanya lima yang on target. Sedangkan Slovakia cuma melakukan empat upaya attempts dan dua yang on target.

Sayangnya, dominasi Inggris tak diikutkan dengan terciptanya gol-gol. Mereka tidak berhasil menerobos gawang Slovakia yang dijaga oleh Matus Kozacik dan mesti menerima hasil seri 0-0.

Menurut Hodgson, hasil imbang tersebut tak ada hubunganya dengan formasi pemain yang dia pakai. Dia yakin siapapun yang turun di lapangan telah memberi usaha maksimal. “Jika kami menang, orang-orang bakal bilang kami tidak merindukna mereka (pemain di kursi cadangan) dan saat kami tidak menang mereka akan bilang pemilihan tim salah. Saya telah biasa akan hal itu,” ucap Hodgson.

“Mereka tampil oke. Anda tak dapat melakukan lebih ketimbang mendominasi sebagaimana yang kami lakukan. Terus terang kami menekan mulai dari menit pertama,” sambungnya.

“Kami mendapatkan peluang, namun kami tak mengoptimalkanya. Ini adalah hasil imbang yang amat bikin frustrasi, khususnya untuk fans,” tutup Hodgson.

Hasil imbang 0-0 melawan Slovakia menjadikan Inggris finis sebagai pemuncak Grup B. Mereka mengantongi lima poin dari tiga laga di fase grup. Di babak 16 besar, mereka bakal melawan pemuncak Grup F.